review laptop dell inspiron 14 3480
Teknologi

Review Laptop Dell Inspiron 14 3480, Harga Cuma 2 Jutaan!

Review Laptop Dell Inspiron 14 3480 – Setelah sebelumnya saya sempat review Logitech MK275 wireless keyboard dan mouse. Konten kali ini masih berhubungan dengan teknologi di bidang komputer juga.

Umumnya Personal Computer (PC) yang banyak orang tau adalah berupa komputer yang diletakan disebuah meja, dengan peripheral lengkapnya seperti Monitor, CPU, mouse, keyboard, dan juga speaker.

Padahal Laptop yang bisa dibawa kemana mana juga termasuk sebuah PC. Bedanya semua peripheral atau komponen komputer menjadi lebih ringkas di satu hardware yang solid. Di Laptop sudah terdapat fungsi fungsi dari komputer, mulai dari monitor, CPU yang terdapat dibawah keyboard, dan mouse yang diganti menggunakan touchpad, ga ketinggalan output suara “speaker” juga sudah terdapat dalam sebuah laptop.

Nah, jadi bisa disimpulkan bahwa laptop adalah komputer jinjing atau komputer portable, yang mana memiliki setiap fungsi dari komputer pada umumnya “komputer desktop”. Laptop ini sangat cocok digunakan untuk orang orang yang suka berpergian namun tetap memerlukan “komputer”, seperti pekerja kantoran, dosen, pelajar, dan bahkan aku yang tak pernah kemana mana, wkwkwk.

Memang awalnya tidak terpikirkan untuk membeli sebuah laptop, toh memang saya pribadi sudah memiliki Komputer Desktop dirumah. Hingga suatu hari saya iseng mengikuti lelang di marketplace. Saat itu kebetulan barang barang yang dilelang adalah barang barang elektronik, dan salah satunya adalah laptop Dell Inspiron 14 3480 yang akan saya ulas ini.

Singkat cerita saya memenangkan lelang tersebut, dan berhak mendapatkan laptop Dell Inspiron ini dengan harga hanya 2 jutaan saja. Harga Dell Inspiron 14 3480 ini aslinya adalah sekitar 4 jutaan saat saya memenangkan laptop tersebut. Untuk harga saat tulisan ini dibuat harganya berada di kisaran 3,9 jutaan.

Review Dell Inspiron 14 3480

Review laptop Dell Inspiron 14 3480
Review laptop Dell Inspiron 14 3480

Setelah saya melakukan pembayaran, dan terkonfirmasi oleh sistem tidak butuh waktu lama untuk paket Laptop ini sampai di rumah. Hanya dalam waktu 1 hari paket telah sampai dengan selamat, padahal paket dikirimkan dari Jakarta, yang biasanya memerlukan waktu 3-4 hari untuk sampai.

Hal pertama yang saya lakukan adalah memeriksa setiap item, dari paket yang saya terima. Awalnya saya pikir saya hanya akan mendapatkan Laptop Dell Inspiron, dan adaptor untuk melakukan pengisian baterai Laptop itu sendiri. Ternyata saya juga mendapatkan bonus tas laptop dari Dell, walaupun tidak dijelaskan saat lelang berlangsung. Lumayan lah hehe, atau emang semua juga dikasih ya? hmmm

Disini saya ga akan terlalu dalam membahas spesifikasi laptop Dell Inspiron 14 3480 ini, tapi akan lebih berfokus dari user experience yang saya sendiri rasakan tentunya. Jujur ini adalah pertama kalinya saya punya laptop, jadi mungkin akan sedikit terasa seperti hiperbola.

Kita mulai dari layar terlebih dahulu, layar laptop ini berukuran 14 inch, hadir dengan resolusi 1366×768, sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari hari yang saya lakukan. Terdapat satu buah kamera dengan widescreen HD 720p, hasil fotonya lumayan lah standar.

Dibagian bawah tedapat “papan keyboard” minimalis, dan tak ketinggalan touch pad sebagai pengganti fungsi mouse. Karena terbiasa menggunakan komputer, di awal saya masih merasa “tanggung” saat mengetik. Di awal menggunakan keyboard laptop saya sering sekali melakukan typo atau salah dalam pengetikan, namun seiring berjalannya waktu saya mulai terbiasa, dan kesalahan pengetikan perlahan mulai berkurang.

Dibagian samping kiri terdapat beberapa port, ada hdmi, audio jack, RJ45, power, dan 2 buah USB 3.1. Sedangkan dibagian kanan hanya terdapat 1 port USB, dan SD Card Reader. Laptop laptop terdahulu yang saya ingat ada DVD reader, biasanya untuk menginstall sistem operasi (OS), game, atau bahkan software tertentu. Namun generasi Laptop saat ini sudah banyak yang meninggalkan DVD Reader. Mulai tergeser oleh Flashdisk, yang memang lebih efisien dan dapat menyimpan lebih banyak data.

Review Dell Inspiron 14 3480

Spek Dapur pacu Dell Inspiron 14 3480 ini ditenagai dengan RAM 4 GB DDR4, Processor Intel Celeron 4205U 1.80 GHz, Graphics Card Intel HD 610. Sudah cukup mampu menopang setiap kegiatan yang saya lakukan, mulai dari editing menggunakan adobe photoshop, dan keperluan membuat konten website seperti yang sedang kalian baca ini.

Storage yang disediakan juga cukup besar 500 GB, bisa untuk menyimpan banyak file dan data. Karena kebetulan saya hanya menggunakan laptop ini untuk aktifitas tulis menulis online, dan editing menggunakan Photoshop. Laptop ini sudah sangat cukup menurut saya pribadi.

Dengan baterai 42 WHr (42.000 mWh) laptop ini dapat bertahan hingga 6-7 jam penggunaan. Tentu jika digunakan secara normal, dan tidak menjalankan banyak fungsi. Kalau mau lebih awet, kalian bisa menggunakan mode battery saver.

Mungkin cukup sekian review Dell Inspiron 14 3480 ini, semoga bermanfaat khususnya untuk kalian yang ingin membeli laptop atau komputer jinjing. See you next time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *